Klerikal_Akomodasi Perhotelan
Dalam Melaksanakan Prosedur Klerikal, ada
3 tiga hal penting, yakni:
1 Memproses dokumen
kantor
2 Membuat draft
sederhana korespondensi
3 Mengelola
sistem dokumen.
Memproses dokumen kantor
Memproses dokumen kantor
Dalam materi
ini, perlu dikenalkan pengertian dari administrasi dan perkantoran.
Kata
administrasi dari bahasa Latin yaitu Ad berarti intensif dan Ministrare
berarti melayani, membantu, memenuhi. Dalam bahsa Inggris administration
yakni tata usaha. Sedangkan menurut Kamus besar Bahasa Indonesia yakni usaha
dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara –cara
penyelenggaraan pembinaan organisasi, usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan
penyelenggaraan pembinaan untuk mencapai tujuan: kegiatan yang berkaiatan
dengan penyelenggaraan pemerintahan; kegiatan kantor dan tata usaha.
Unsur-unsur
administrasi:
- Pengorganisasian,
- Manajemen
- Tata hubungan
- Kepegawaian
- Keuangan
- Pembekalan
- Tata Usaha
- Perwakilan
Pengertian Perkantoran
Kantor
adalah bagian dari organisasi yang menjadi pusat kegiatan
administrasi dan tempat pengendalian kegiatan informasi.
Lebih
lanjut lagi dapat disebutkan bahwa kantor adalah pusat pengelolaan data dan
keterangan serta tempat konsentrasi pimpinan dan para staf personil (pegawai)
melakukan aktivitas manajemen.
Ciri-Ciri Kantor
1. Alat penyambung pancaindera dan
ingatan pimpinan.
2. Membantu pimpinan merumuskan
pekerjaan, merumuskan penyederhanaan sistem manajemen, metode kerja, mencapai
efisiensi dalam pekerjaan tata usaha.
Unsur-Unsur Kantor
1. Gedung, terdiri dari bangunan,
ruangan dan perlengkapan gedung
2. Equipment, terdiri dari
mesin-mesin kantor dan perabot- perabot kantor
3. Personil, yaitu semua orang yang
terkait dalam organisasi kantor, mulai dari pesuruh sampai pimpinan.
Sarana dan prasarana kantor
Kamus Besar Bahasa
Indonesia, peralatan kantor berarti
sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Jadi, dapat dikatakan bahwa peralatan
kantor merupakan suatu media dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan.
Sarana prasarana tersebut mencakup 4
hal:
1.
Perabot
kantor (office furniture)
Yaitu benda-benda yang
terbuat dari kayu, besi ataupun bahan lainnya, yang dipergunakan untuk
melaksanakan tugas tata usaha dan termasuk perlengkapan kantor tahan
lama.
Contoh: meja kerja,
meja receptionis, kursi, lemari, kabinet alat tulis, kabinet file dll.
2.
Mesin
kantor (office machines)
Yaitu segenap benda yang dipergunakan untuk membantu kelancaran tugas tata usaha
seperti mesin-mesin kantor.
Contoh: komputer/laptop, mesin ketik,
3.
Perlengkapan
kantor (office supplies)
Yaitu benda-benda yang akan habis dalam pemakaian sehari-hari di
kantor. Benda-benda tersebut umumnya dipergunakan untuk keperluan tulis-
menulis seper ti ker tas, tinta pensil, pulpen dan lain- lain.
4.
Hiasan
kantor (office ornament)
Hiasan kantor adalah
benda-benda kantor yang pada umumnya ditujukan untuk menambah suasana yang
menyenangkan di kantor yang secara tidak langsung mempengaruhi kinerja di dalam
kantor.
Membuat draft sederhana korespondensi
PENGERTIAN SURAT
Surat adalah lembaran kertas yang memuat bahan komunikasi/ informasi yang disampaikan oleh satu pihak kepada puhak yang lain, baik atas nama pribadi maupun atas nama organisasi atau kantor.
Surat Masuk adalah surat-surat yang diterima oleh suatu organisasi/perusahaan yang berasal dari seseorang atau dari suatu organisasi.
Surat Keluar adalah surat-surat yang dikeluarkan/dibuat suatu organisasi/perusahaan untuk dikirimkan kepada pihak lain, baik perseorangan maupun kelompok.
Fungsi Surat:
1. Sebagai alat komunikasi tertulis.
2. Pedoman untuk bertindak dan mengambil keputusan.
3. Duta perwakilan dari suatu organisasi.
4. Sebagai indikator pengukur kegiatan organisasi
5. Dokumentasi tertulis dari suatu organisasi.
Layout surat:
keterangan:
1. Kepala surat/ kop surat 9. Nama organisasi yg mengeluarkan surat
2. Nomor surat 10. Nama penanda tangan
3. Tanggal surat 11. Jabatan penanda tangan
4. Alamat yang dituju 12. Lampiran
5. Hal atau perihal 13. Tembusan
6. Salam pembuka 14. Inisial pengonsep dan pengetik surat
7. Isi surat
8. Salam penutup
Bagian-bagian surat :
1. Letter head adalah Kepala/kop surat, terdiri dari; Nama instansi, ditulis dengan huruf kapital/huruf besar Alamat instansi, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil, Logo instansi terletak paling atas.
Dimana kepala surat ini terdiri dari beberapa unsur yaitu:
Ø Unsur Utama, Berupa: nama perusahaan, alamat, nomor telepon.
Ø Unsur Tambahan, Berupa: Logo atau simbol, bidang usaha.
2. Number of Letter adalah Nomor surat, yakni urutan surat yang dikirimkan.
3. Enclosure adalah Lampiran yaitu Bertujuan untuk memberi tahu berapa banyak lampiran yang dilampirkan.
Contoh : Lampiran : 2 berkas.
4. Subject adalah Hal yaitu berupa garis besar isi surat.
5. Date adalah Tanggal surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat) Untuk memberi informasi kapan surat tersebut ditulis, nama bulan tidak boleh disingkat atau ditulis dengan angka.
Contoh :
- British style: dd/mm/yyyy :16 Agustus2011
- American style: mm/dd/yyyy Oktober 07, 2011
6. Inside Address adalah Alamat yang dituju (terletak di sebelah kanan surat pembaca)
Contoh :
Yth Dr.Hambali
Jalan sudirman IV.N0.55
Palembang
Sumatra Selatan
7. Salutation adalah Pembuka/salam pembuka yaitu salam hormat kepada penerima surat (diakhiri tanda koma).
Contoh :
British style : Dear Sir, Dear Miss, Dear Mrs.
American style : Dear Sir
8. Body of the letter adalah Isi surat
Terdapat isi surat yang ditulis. Yang memiliki paragraf pembuka surat, paragraf isi surat(inti surat yang diinformasikan pada pembaca).
9. Complementary close adalah Penutup surat, berisi
- salam penutup : Salam penutup dari sebuah isi surat berfungsi untuk menunjukkan rasa hormat penulis.
- jabatan ialah sekumpulan PEKERJAAN (JOB) yang berisi tugas-tugas yang sama atau berhubungan satu dengan yang lain, dan yang pelaksanaannya meminta kecakapan, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang juga sama meskipun tersebar di berbagai tempat.
- Britsh style: Dear Madam, Dear Sirs, Dear Mr, Dear Miss, Dear Mrs, Yours Sincerely, Sincerely, With Best Wishes.
- American style: Sir, Madam, Gentlemen, Your Obedient Servant, Sincerely Yours.
10. tanda tangan/nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
11. Carbon copy notation adalah tembusan surat yaitu : Untuk menginformasikan kepada pembaca, bahwa surat tersebut yang ditulis dikirimkan juga kepada pihak yang perlu ikut mengetahui isi surat yang ditulis.
12. Inisial
Mengetahui siapa yang pengetik surat, yang bertujuan jika ada kesalahan dapat dihubungi. Nama pengonsep disingkat huruf kapital, sedangkan nama pengetik disingkat huruf kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar